Tes Online

Membuat Test Online di Websits UPTD SMK 2 Tegal

Buat Bapak-Ibu Guru yang ingin mengadakan test buat anak-anak didik kita yang tidak terikat dengan tempat, waktu, bahkan kertas lembar soal sekalipun tidak diperlukan disini. Intinya kegiatan test ini sangat membantu Bapak-Ibu Guru, terutama yang super sibuk diluar kegiatan jam mengajar.
Yuk kita mulai.......
  1. Bapak-Ibu Guru wajib punya username dan Password, biasanya username diambil dari email kalau tidak punya bisa dimintakan ke Mas Farizal.
  2. Lanjut... Bapak-Ibu Guru nyalakan komputer, Laptop, Ipad dll yang pasti bisa terkoneksi dengan internet. Buka aplikasi Browser dan pada kolom address ketik namasekolah.sch.id atau klik disini http://smk2tegal.sch.id . Pada login member isi username dan password sisuai dengan punya Bapak-Ibu Guru. Jangan sampai salah yah.....
setelah pengisian username dan password sudah benar, klik login, (tunggu bentar.....)
  1. selanjut akan mencul gambar seperti dibawah ini. Yang pasti kalau Bapak-Ibu Guru baru login yang pertama kali belum ada fotonya ( he he he itukan foto saya .....). arahkan kursor ke menu belajar dan jangan di klik terlebih dahulu....
 
4.  baru pada menu pada test online diklik, seperti gambar diatas. Akan muncul gambar dibawah ini. Nah pada menu disini ada dua yaitu : Tambah Tes Online dan Bank Soal. karena Bapak-Ibu Guru belum punya soal-soal yang akan ditestkan kepada anak-anak didik kita maka Bapak-Ibu guru harus menyiapkan soal-soal test terlebih dahulu. Saran saya dari pada harus kita ngetik lagi lebih baik kita cari soal-soal yang sudah pernah kita buat. Soal-soal tersebut biasanya sudah tersimpat dalam bentuk doc, copy aja semuanya dengan cara ctrl+a kemudian kita panggil aplikasi notepad atau sejenisnya bisa, kita pastekan di sana dengan cara ctrl+v (untuk sementara kita hindari dari gambar, karena akan membebani hosting kita). Siapkan juga kunci jawabanya. Oh ya, pastikan dulu Bapak-Ibu Guru ngajar di kelas berapa, bisa dimintakan sama admin.
  1. Pada gambar diatas anda klik bank soal. Akan muncul gambar seperti diatas, gambar menu hampir sama dengan diatas (menu tes online),yang membedakan  pada menu ini (Bank Soal-Guru) ada dua menu tes online dan tambah soal. Lanjut,... klik pada tambah soal Disinilah soal-soal itu kita buat, yuk kita mulai dari Pelajaran klik tombol bar pada menu pelajaran untuk memilih pelajaran (di awal mintakan dulu kepada pengeloala website, pelajaran yang Bapak-Ibu Guru ampu), kalau belum maka pelajaran belum muncul. Selanjutnya pilih tingkat kesulitan soal mudah, sedang, sukar pada menu tingkat kesulitan. Pada menu status ada dua pilihan 1. terbuka untuk guru lain ( ini saling share dengan guru lain, sehingga akan memperkaya bank soal), 2. hanya untuk pribadi. Pada kolom awal kita isi pertanyaa soal (soal-soal tadi sudah di copykan ke notepad, kita blok pertanyaa soal dengan cara di sorot pakai mouse kemudian ctrl+c dan pindah kursor kita ke tambah bank soal pada pertanyaan di sini kita pastekan ctrl+v pada browser. Kembali lagi ke aplikasi notepad sorot jawaban yang benar ctrl+c dan kembali lagi ke bowser pada tambah bank soal pada Opsi yang benar pastekan disana ctrl+v. Kembali ke natepad pada jawaban yang lain satu-satu kita sorot dan ctrl+v, terus pindah lagi ke browser pada pastekan pada Opsi lain ctrl+v dan seterusnya sampai terakhir, pada pembahasan silakan beri penjelasan secukupnya pada jawaban yang benar bila diperlukan. Yang terakhir klik simpan. Setelan anda menyimpan simpan. Dan untuk soal-soal berikutnya klik tambah soal dan pengerjaanya sama pengerjaan seperti diatas. 
  1. setelah soal-soal di bank soal terasa sudah cukup, mari kita lanjutkan pembahasan ini.... dengan mengklik tes online pada gambar dibawah ini.


  1. akan muncul gambar berikut .. yang hampir sama pilih tambah tes online.

  1. akan muncul gambar berikut ....
    • sesuaikan tahun pelajaran dengan cara klik menu bar pada Th. Pelajaran
    • atur semester
    • Sesuaikan pelajarannya
    • atur jenis ulangan ( ulanga harian, ulangan Blok, ulangan Mid Semester, Ulangan Akhir semester, latihan soal, Remedial).
    • Ketik Materi yang akan diujikan.
    • Isi tanggal awal test online dibuka dan tangal akhir test online di tutup dengan klik menu bar disampingnya.
    • Tentukan jumlah soal yang akan ditampilkan ke peserta tes.
    • Tentukan password untuk membuka soal test (yang mudah diingat oleh peserta tes)
    • tentukan waktunya dengan satuan menit.
    • Tentukan metode nomer soal test berurutan atau acak.
    • Tentukan berapa kali kesempatan anak untuk melakukan tes.
    • Centang kelas yang dituju untuk melakukan tes.
    • Simpan, ok selesai menu ini.
  1. Akan muncul gambar berikut ....
    pada gamar ini, ada tiga menu tes online, tambah tes online, tambah soal ke tes Online. Kita klik tambah soal ke tes online.

  1. akan muncul gambar berikut .... pada menu ini menampilkan soal-soal yang sudah kita buat, langsung aja kllik tambah soal ke tes.

  1. Selanjutnya akan muncul gambar berikut...
    Pilih pelajaran dan sumber soal (status) sesuai dengan soal tes yang pernah kita buat sebelumnya, setelah kita pilih sesuai dengan soal-soal kita, klik pilih.

  1. Maka akan muncul gambar berikut....
    akan terlihat soal-soal dengan status yang masih kosong, kemudian kita kasih centang pada kolom pilih untuk soal-soal yang akan di tampilkan pada tes online, atau kalau kita ingin semua soal mau di teskan semua, maka pada cheklist semua kita centang.



    Maka akan terlihat gambar berikut ....
    setelah cheklist semua kita centang, maka terlihat semua soal, telah tercentang
    semua. Selanjut kita klik pilih.

  2. Maka akan muncul gambar berikut ...

Selesai sudah step by step pembuatan test online berbasis web, dan untuk melihat nilai dari
peserta test tinggal klik menu nilai tes online, maka akan muncul gambar berikut....

Akan terlihat berapa kali peserta didik kita melakukan tes, ini sesuai dengan kesempatan
yang diberikan sebelumnya, dan nilai akan diambil yang tertinggi.
terima-kasih atas kepedulian anda terhadap dunia pendidikan IT
Semoga bermanfaat. By Sekhidin


saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini